Pakaian Adat Jawa Tengah

Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia mempunyai banyak sekali pulau dan di setiap pulau mempunyai banyak sekali budaya dan adat istiadat. Seperti salah satunya adalah pulau Jawa ini. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang mempunyai luas wilayah paling besar diantara pulau lainnya di Indonesia, beitupun dengan penduduknya, pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat.

Di pulau Jawa sendiri terdapat beberapa provinsi dengan adat dan budayanya sendiri seperti DKI Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia, Jawa Barat yang mempunyai budaya sunda, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai budaya jawa yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk budaya jawa dari Jawa Tengah dan Yogyakarta cukup berbeda. Di daerah tersebut juga mempunyai keraton masing-masing yang mempunyai adat istiadat masing-masing seperti keraton Surakarta di Jawa Tengah dan keraton Yogyakarta. Untuk pakaian adatnya pun cukup berbeda di setiap provinsi di pulau Jawa.

Untuk pakaian adat Jawa Tengah sendiri hampir sama dengan baju adat Jawa Timur, bahkan dengan Yogyakarta. Namun tetap saja terdapat perbedaan diantara ketiganya.

Pakaian Adat Jawa Tengah dan Keterangannya

keunikan pakaian adat jawa
keunikan pakaian adat jawa

Berikut ini ada beberapa nama dan gambar pakaian adat jawa tengah serta perbedaan antara pakaian adat Jawa Tengah baik pakaian adat Jawa Tengah pria dan wanita.

Nama Pakaian Adat jawa Tengah:

  1. Blangkon

blangkon
blangkon

Blangkon ini merupakan salah satu perhiasan yang tidak boleh dilewatkan dalam adat pakaian Jawa Tengah terutama pria. Pada blangkon ini terdapat perbedaan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Perbedaannya terdapat pada mondolan atau gelung belakang pada blangkon.

Dimana untuk mondolan pada pakaian adat Jawa Tengah ini berbentuk pipih atau kempes, sedangkan untuk blangkon pada pakaian Yogyakarta cenderung mempunyai mondolan yang menonjol  dan agak besar. Hal ini disebabkan karena di daerah Yogyakarta orang dengan rambut panjang harus menyembunyikan rambut panjangnya tersebut, dengan begitu seperti menyembunyikan aib  sendiri dan juga aib orang lain.

Sedangkan untuk blangkon di Jawa Tengah terutama solo hanya mengikatkan dua pucuk ikatan menjadi satu yang diibaratkan 2 kalimat syahadat yang harus diikat kuat dan dipegang teguh dalam hidup.

  1. Surjan dan beskap

Surjan dan beskap
Surjan dan beskap

Dalam pakaian adat Jawa Tengah ada yang bernama beskap dimana bentuknya seperti jas yang didesain oleh orang belanda pada jaman dahulu. Sedangkan di Yogyakarta terdapat surjan yang mempunyai 2 motif yaitu surjan lurik dan surjan kembang.

Perbedaan kedua baju ini adalah pada bentuk kancing, dimana untuk pakaian adat Jawa Tengah bentuk kancing berada di samping, sedangkan untuk baju adat Yogyakarta kancing terletak lurus dari atas kebawah.

  1. Keris

keris pakaian adat
keris pakaian adat

Keris merupakan salah satu aksesoris yang tidak boleh dilupakan dalam mengenakan pakaian adat Jawa Tengah. Keris untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta ini mempunyai perbedaan. Keris solo atau yang disebut dengan ladrang mempunyai bilah atau saung keris yang lebih ramping dan tidak terlalu banyak hiasan atau sederhana.

Sedangkan untuk keris Yogyakarta yang bernama branggah mempunyai bentuk dan motif yang lebih banyak. Selain itu ada juga perbedaan dari segi ukiran dimana ukiran keris solo berstektur lebih halus daripada ukiran keris Yogyakarta.

Pakaian Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita

Selain perbedaan yang terdapat pada keunikan pakaian adat Jawa Tengah dan Yogyakarta, untuk adat pernikahan juga sedikit berbeda walaupun jika dilihat secara sekilas hampir sama. Untuk tata rias busana pengantin Solo atau surakarta mempunyai filosofi yang tinggi. Untuk tata rias pengantin pria menggunakan baju beskap langen harjan dengan menggunakan blangkon dan batik wiron bermotif sidoasih prada.

Kemudian untuk baju adat wanita Jawa Tengah ini menggunakan kebaya panjang klasik dari bahan bludru warna hitam berhias sulaman benang keemasan bermotif bunga manggar, sedangkan bagian bawah pakaian wanita ini menggunakan kain motif batik sidoasih prada.

Tata riasnya menggunakan paes hitam pekat menghiasi dahi. Rambut dengan ukel besar seperti bokor tengkurep berhias ronce melati tibo dodo dan tidak lupa diperindah dengan menggunakan perhiasan cundhuk sisir dan cundhuk mentul dibagian atas konde. Selain solo putri, tata rias untuk pengantin juga terdapat solo basahan.

Sedangkan  untuk tata rias dan busana untuk pengantin Yogyakarta ada beberapa style seperti paes ageng, atau kebesaran, paes ageng kanigaran, jogja putri, dan kesatrian. Yang paling sering adalah jogja paes ageng. Berbeda dengan busana pengantin jawa putri pengantin jogja paes ageng menggunakan dodot atau kampuh lengkap dengan perhiasan khusus.

Paes hitam yang digunakan terdapat sisi keemasan pada dahi, rambut sanggul bokor dengan gajah ngolig yang menjuntai indah. Sedangkan pada pengantin pria menggunakan kuluk menghiasi kepala, ukel ngore atau buntut rambut yang menjuntai yang dilengkapi dengan sisir dan cundhuk mentul kecil.

Budaya Baju Adat Jawa Tengah dan Sekitarnya

Jika berbicara tentang budaya, selain dalam baju adat dan juga tata rias dalam proses pernikahan, setiap daerah juga mempunyai beberapa budaya yang berbeda. Tetapi dengan perbedaan budaya dan adat istiadat ini menjadikan setiap warga negara Indonesia menghormati sesama dan lebih menyatukan Indonesia. Setelah tadi kita melihat bagaimana perbedaan busana dari daerah di pulau jawa khususnya yang berada di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, sekarang mari kita lihat beberapa budaya yang ada di daerah Jawa Tengah. Salah satu budaya yang sangat lekat adalah kesenian.

Setiap daerah mempunyai kesenian masing-masing terutama seni tari. Untuk daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta hampir mempunyai kesenian tari daerah yang hampir sama dan senada. Namun ternyata ada perbedaan di dalamnya. Untuk tari-tarian di awa Tengah ini biasanya merupakan suatu bentuk teater tari seperti wayang wong dan bedhana ketawang. Dua tarian ini merupakan tarian pusaka raja Jawa. Bedhaya ketawang merupakan tarian yang diciptakan oleh raja mataram ketiga, sultan agung, dengan latar belakang mitos percintaan raja mataram pertama dengan kanjeng ratu kidul dan tarian ini dilakukan oleh sembilan penari.

Selain seni tari, di daerah Jawa Tengah ini juga terapat kesenian wayang kulit. Meskipun tidak hanya di Jawa Tengah saja. Wayang kulit ini banyak sekali digunakan oleh orang-orang mulai dari seni pertunjukan hiburan, sampai dengan ceramah keagamaan. Bahasa yang digunakan untuk pertunjunkan wayang kulit ini tentu saja bahasa dari masing-masing daerah yang sangat kental. Selain wayang kulit ini, di Jawa Tengah juga terdapat wayang kulit gagrag banyumasan dan wayng bocah.

Untuk wayang kulit Banyumasan ini hampir sama dengan wayang kulit namun mempunyai ciri khas yang lebih pada teknik pembawaannya yang dipengaruhi oleh latar budaya masyarakat setempat yang mempunyai pola kehidupan tradisional agraris. Sedangkan untuk wayang bocah di Solo ini dimainkan oleh anak-anak, meskipun dimainkan oleh anak-anak namun kepiawaian dalam memainkan wayangnya tidak kalah menarik dengan yang dimainkan oleh para orang dewasa biasanya. Kemudian masih banyak sekali kesenian wayang yang terdapat di daerah Jawa Tengah.

Paling Sering Dicari:
  • pakaian adat jawa
  • baju adat jawa tengah
  • baju adat jawa tengah solo
  • baju jawa
  • perbedaan surjan cewe dan cowo
  • baju adat solo
  • baju adat jawa blankon
  • gambar baju adat jawa tengah
  • mitos pulau kemaro
  • pakaian adat jawa tengah pria dan wanita
Artikel Terkait:
Pakaian Adat Maluku Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali ada istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Saking kayanya budaya di Indonesia tidak j...
Pakaian Adat Betawi Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang Pakaian Adat Betawi, Sebelum membahas lebih jauh tentang baju adat Betawi mari kita lihat dulu sejarah ...
Pakaian Adat Gorontalo Upacara pernikahan merupakan sebuah acara yang sangat sakral, terlebih lagi jika menggunakan tradisi suku asli. Bagi Anda yang berasal dari Gorontalo,...
Pakaian Adat DKI Jakarta 4 Pakaian Adat DKI Jakarta Dengan Penjelasannya. DKI Jakarta dikenal dengan masyarakat Betawinya. Budaya dan adat kebiasaan mereka sering diangkat ke ...
Pakaian Adat Sulawesi Tenggara Ciri khas pakaian adat Sulawesi Tenggara untuk Pria Dan Wanita. Sulawesi Tenggara memiliki banyak sekali suku di dalamnya, dengan suku mayoritas yaitu...
Pakaian Adat Suku Bugis Salah satu pakaian adat yang terkenal dan banyak menarik minat berabagi kalangan masyrakat adalah pakaian adat dari Sulawesi Selatan yakni pakaian ada...
Pakaian Adat Bangka Belitung Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi kepulauan yang terletak di Selat Malaka. Provinsi ini disahkan pada 9 Februari 2001 dan terdiri dari 470 pul...
Pakaian Adat Untuk Menutup Kemaluan Laki-Laki di P... Siapa yang masih belum tahu nama Pakaian Adat Untuk Menutup Kemaluan Laki-Laki di Papua? apakah Anda salah satunya, jika iya saya disini akan membahas...
Pakaian Adat Jambi Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam suku. Dengan berbagai suku ini, tentunya Indonesia juga memiliki beragam kebudayaan yang unik ...
Pakaian Adat Kalimantan Timur Pakaian Adat Kalimantan Timur - Indonesia adalah Negara Tropis yang luas dengan banyak kepulauan yang saling berjejer sepanjang garis khatulistiwa. In...

Tinggalkan komentar